Pengiriman Barang Dari Luar Negeri

Pengiriman Barang Dari Luar Negeri

Pengiriman Barang Dari Luar Negeri

Hadir nya ekspedisi pengiriman barang dari luar negeri ke indonesia telah memudahkan transaksi internasional dari dalam dan luar negeri. Kemudahan inilah yang membuat orang-orang ingin membeli barang dari luar negeri walaupun belum mengetahui cara import barang. Untuk mereka  yang sudah berpengalaman tentunya bukan hal yang sulit untuk melakukannya. Karena sistemnya hampir sama dengan pengiriman antar kota yang ada di Indonesia. Bedanya hanyalah pada bagian biaya, dan berbagai ijin yang harus dipenuhi.

Hal yang harus diperhatikan dalam Pengiriman Barang Dari Luar Negeri

Hal ini mungkin terdengar cukup rumit bagi sebagian orang, harus berurusan dengan dokumen-dokumen untuk memenuhi prosedur, tahap yang lebih banyak dan selainnya. Namun, hal ini tetap harus dipahami oleh setiap orang yang menggunakan jasa pengiriman internasional, supaya ia juga bisa menerima barangnya sesuai harapan.

Ulasan ini dibahas karena tak jarang orang merasa sudah beres dengan ia menyerahkan hal itu ke pihak perusahaan jasa pengiriman barang. Padahal ada jenis pengiriman dimana subyek penerima harus ikut mengurusi prosedur tersebut sendiri. Karena sudah diluar dari tanggungjawab pihak ekspedisi untuk mengurusnya. Dampaknya, barang bisa jadi belum dapat diterima walaupun sudah sampai di Indonesia.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin melakukan pengiriman dari luar negeri, ada baiknya untuk membaca dan memahami bebrapa hal terkait hal tersbut. Agar anda mengetahui hal-hal apa saja yang perlu anda lakukan dan penuhi agar barang dapat anda terima tepat waktu, Tak perlu bingung karena Anda bisa menyimak ulasan tentang pengiriman internasional di bawah ini.

pengiriman barang paling murah jabar medan

jasa ekspedisi pengiriman barang

 

Sistem Pengiriman Barang dari Luar Negeri

Hal ini menjadi salah satu poin yang juga penting untuk dibahas karena cara pengiriman barang dari luar negeri tidak hanya satu macam, tetapi terdapat beberapa jenis yang bisa digunakan. Jika subyek tidak memahaminya, bukan tak mungkin barang yang dikirim berhenti di jalan. Berikut beberapa jenis sistem pengiriman yang bisa digunakan :

  • Mengurus Bea Cukai Mandiri

Jika Anda memilih untuk menggunakan sistem pengiriman ini, maka Anda harus siap untuk mengurus sendiri beberapa prosedur ke bea cukai, khususnya ketika itu diperlukan. Karena pihak jasa expedisi tidak ikut mengurus hal tersebut. Jika sudah selesai Anda urus, maka Anda bisa mengambil/menerima barang tersebut dan biasanya oleh Pos Indonesia.

  • Satu Paket Sekaligus

Berbeda dengan sistem pengiriman yang sebelumnya, dengan sistem pengiriman yang satu ini, anda tidak lagi perlu repot untuk mengurus bea cukai sendiri, karena pihak ekspedisi akan membantu untuk mengurusnya. Akan tetapi dengan begitu anda diharuskan membayar biaya ekstra untuk jenis yang satu ini bersamaan dengan biaya pengiriman. Paket dapat di terima dari petugas pengiriman barang langsung di lokasi anda berada.

  • Biaya Terpisah

Terdapat sedikit perbedaan dengan yang sebelumnya, untuk jenis pengiriman yang satu ini, urusan bea cukai indonesia juga diselesaikan oleh penyedia jasa pengiriman barang. Namun untuk pembayaran biayanya tidak termasuk dengan ongkos kirim dari luar negeri. Selain itu, juga biasanya ada biaya administrasi tambahan dan ongkos kirim ekspedisi lokal serta pajak masuk.

Mengambil Kiriman Barang

Poin ini juga penting untuk dibahas karena ternyata masih cukup banyak orang yang belum tahu bagaimana cara mereka mengambil barang. Karena meski barang sudah berada di Indonesia bukan berarti sudah bisa langsung diambil oleh subyek bersangkutan. Barang itu tetap harus melalui serangkaian proses terlebih dahulu sebelum sampai di lokasi penerima.

Pertama, Anda perlu melacak barang yang dipesan untuk mengetahui posisinya saat itu. Anda bisa menggunakan sistem pelacak yang disediakan oleh beberapa situs pelacakan resi online, atau anda juga bisa langsung bertanya kepada call center. Dengan begitu anda dapat mengetahui apakah barang kiriman nya sudah sampai di indonesia atau belum. Apabila barang sudah sampai, biasanya status akan berubah menjadi EMH

Lalu setelahnya, barang yang sudah sampai akan melalui proses pemerikasaan oleh tim bea cukai. Terkadang bea cukai juga perlu melakukan pengecekan lebih detail hingga membongkar paket ketika memang dibutuhkan. Barang akan dikirimkan ke alamat Anda ketika sudah selesai diperiksa dan jika Anda menggunakan jenis layanan bayar di tempat, maka petugas pengantar barang akan sekaligus memintanya.

Penting untuk Anda perhatikan jenis layanan pengiriman yang digunakan, karena berbeda level akan berbeda jenis pembayaran biayanya. Jenis pengiriman ekonomi akan membebankan biaya tambahan untuk urusan itu, sedangkan untuk jasa EMS tidak memintanya. Sehingga sebelum membayar lebih baik pastikan dulu bagaimana ketentuan dari jenis layanan yang Anda gunakan.

Pada kasus tertentu Anda mungkin perlu mengambil barangnya sendiri di kantor pos, jika pihak jasa import barang tidak mengirimkannya sampai di lokasi Anda. Dikarenakan memang  terdapat sistem pengiriman dengan prosedur seperti itu. Ada baiknya jika anda telah menyiapkan identitas karena nantinya akan ada petugas yang memintanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Home
Admin
Blog
Help Center
×

 

Hallo!

Konsultasikan Pengiriman Anda Pada Sales Support Kami

× HUBUNGI KAMI